4 HAL HARUS DIPERHATIKAN UNTUK MENGHINDAR LOSS

Sejak awal, trading forex adalah bisnis “high risk” karena berhadapan dengan pasar yang pergerakannya tidak bisa diprediksi secara pasti. Tak mengherankan bila ada banyak trader mengalami loss trading karena salah memprediksi pergerakan harga.

Sebenarnya, profit trading sangat memungkinkan untuk diraih. Namun untuk mempertahankannya, tidak semua trader bisa melakukan. 4 hal yang harus diperhatikan untuk menghindar loss:

1. False Breakout

Kemudahan dalam penggunaan menjadi alasan kebanyakan trader menggunakan strategi ini. Namun dalam penggunaannya, trader juga perlu mewaspadai beberapa hal yang menjadi ancaman profit trading. Salah satunya adalah “False Breakout” atau breakout palsu.

Mengapa false breakout bisa menjadi ancaman profit trading? Saat terjadi breakout pada level penting, biasanya trader akan berspekulasi bahwa peluang baru akan terbentuk. Namun karena terjadi False Breakout, harga justru berbalik sehingga posisi trading yang dibuka berlawanan dengan arah trend harga.

Maka dari itu, saat menggunakan strategi breakout, sangat penting untuk memvalidasi sinyal breakout terlebih dahulu. Tujuannya adalah tidak terjebak dengan sinyal False Breakout” Agar lebih valid, trader bisa menyimak tiga syarat konfirmasi breakout.

2. Overtrading

Faktor berikutnya yang bisa menjadi ancaman profit trading adalah overtrading atau terlalu banyak membuka posisi. Akibatnya, menajemen risiko yang sudah dibuat atau disepakati sejak awal, justru dilanggar, sehingga sistem trading yang dijalankan menjadi kacau dan profit yang didapat juga kurang maksimal.

Selain itu, overtrading juga bisa merusak psikologi trading Anda. Biasanya, overtrading kerap kali terjadi pada trader pemula. Mereka menganggap bahwa semakin banyak membuka posisi maka kesempatan profit menjadi lebih besar. Sekilas, hal tersebut memang terlihat benar. Padahal, itu adalah awal dari penyakit trading yang wajib dihindari. Dengan tergoda untuk membuka banyak posisi, risiko loss juga semakin tinggi.

3. Timing Trading Kurang Tepat

Open posisi yang benar tapi tidak dilakukan pada waktu yang tepat, tentu hasilnya tidak maksimal. Inilah salah satu hal yang kerap kali diabaikan oleh kebanyakan trader, khususnya trader pemula. Di waktu-waktu tersebut, meraih profit akan jauh lebih sulit karena pasar sedang bergejolak. Dengan risiko yang terlalu besar, tentu saja hal ini akan menjadi ancaman profit trading.

4. Volatilitas Mata Uang

Trading pada pair dengan volatilitas tinggi ibarat pedang bermata dua. Terkadang bisa menguntungkan, terkadang bisa menjadi ancaman profit trading. Pasalnya, dengan volatilitas tinggi maka kesempatan meraih profit besar juga semakin terbuka lebar. Hal ini tentu sangat bagus terutama bagi para scalper mania.

Sebaliknya, volatilitas tinggi juga bisa menjadi ancaman profit trading. Sebab, di saat mata uang sedang volatile, pergerakannya sangat mudah berubah-ubah akibat dari sentimen para pelaku pasar. Untuk trader pemula, tentu hal ini sangat bahaya, karena belum siap menghadapi gejolak pasar dalam tempo cepat seperti ini.

PROFIT KONSISTEN DIDIMAX

(Visited 19 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonHubungi saya disini