Ancaman Trump Mendongkrak Yen Jepang, USDJPY Tunggu Pemulihan Hubungan AS-China

Ancaman Trump Mendongkrak Yen Jepang, USDJPY Tunggu Pemulihan Hubungan AS-China

Cukup terjadi kebingungan pada arah pergerakan harga di pasar valuta asing pada minggu lalu dikarenakan adanya penyortiran pada berita-berita utama perdagangan.

Kabar paling awal dimulai oleh sikap pasar yang pesimis atas pernyataan dari Donald Trump yang akan menaikkan tarif impor atas barang-barang China yang masuk ke Amerika Serikat yang sebelumnya sebesar 10 persen menjadi 25 persen.

Hal ini dilakukan karena Amerika Serikat menilai bahwa China telah melanggar kesekapatan dengan mendiskusikan ulang pada poin-poin penting yang sebelumnya sudah dibahas dan harusnya disepakati.

Kondisi ini sempat mendongkrak perdagangan Yen Jepang (JPY) dalam minat beli yang cukup tinggi.

Setelah pada awal minggu yang terguncang akibat pernyataan dari DonaldTrump tersebut, ada kabar cukup optimis yang kembali mengangkat sentimen resiko pasar.

EDUKASI TRADING FOREX GRATIS

Pembicaraan antara kedua negara raksasa ekonomi pada Jumat kemarin dikabarkan ada kemungkinan pulihnya resiko gagal dalam kesepakatan.

Dengan nada optimis ini, maka akan sangat memungkinkan bagi Dolar Amerika (USD) untuk memulihkan diri, namun cukup buruk bagi Yen Jepang (JPY) yang mulai ditinggalkan pasar karena sentimen resiko yang kembali mendominasi perdagangan.

Sementara itu, pada perdagangan di Wall Street Dolar Amerika (USD) tampak ditutup dengan kondisi mengalami kenaikan ditengah pembicaraan antara Amerika Serikat dengan China yang kembali optimis mencapai kesepakatan.

Disisi lain dari bagian data, Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami kenaikan sebesar 0,3 persen selama bulan April kemarin dari harapan sebelumnya yakni di 0,4 persen. Sedangkan untuk pergerakan skala tahunan dilaporkan berada di 2,0 persen dari harapan sebelumnya yaitu di 2,1 persen.

Selain itu IHK inti juga dilaporkan menuju ke 0,1 persen atau stagnan selama tiga bulan terakhir. Pergerakan skala tiga bulan atau kuartal hanya sekitar 1,6 persen dimana hasil ini adalah yang paling rendah dalam kurun waktu 2 tahun terakhir.

Untuk ke depannya, mengenai rencana pemangkasan suku bunga oleh The Fed di bulan Desember mendatang tetap berada di sekitar 90 persen kemungkinan. Pada minggu ini Yen Jepang (JPY) akan menunggu berita-berita yang mampu menyeret sentimen resiko.

CARA DAFTAR AKUN DEMO TRADING DI DIDIMAX

(Visited 16 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *