AUD/USD JAUH LEBIH BAIK KETIMBANG DATA SEBELUMNYA

Pada hari Rabu (13/Mei), Westpac merilis indeks Sentimen Konsumen Australia yang mengalami rebound sebesar 16.4 persen menjadi 88.1 pada bulan Mei,  pada angka 75.6. Meskipun pulih cukup impresif, namun sejatinya Indeks sentimen konsumen negeri Kanguru masihlah berada di level rendah secara historis.

Hasil survey yang dilakukan Westpac pada tanggal 4-8 Mei lalu menunjukkan rebound pada tingkat optimisme konsumen Australia bulan ini sebagian besar karena didorong oleh langkah pemerintah setempat yang melonggarkan pembatasan (Lockdown) yang bertujuan untuk menghambat penyebaran virus Covid-19. Responden juga menilai, penerapan Lockdown dapat dikatakan sukses dalam membendung pandemi Covid.

Pergerakan nilai tukar pasangan mata uang AUDUSD hari ini tidak mengalami pergerakan setelah rilis data utama dari Australia. Saat ini pasangan bertahan di sekitar level harga 0,6430 sepanjang sesi Asia di hari Rabu (6/5). Data penjualan eceran Australia beberapa saat yang lalu dilaporkan mengalami kenaikan pada bulan Maret. Sayangnya pasangan tampak tidak memberikan respon apapun.

Pair AUDUSD  awal pekan retreat dari posisi tertinggi sepekan yang dicapai akhir pekan lalu di tengah kuatnya sentimen perdagangan aset resiko yang menguntungkan sebagian besar bursa saham global. Pair tertekan oleh kekhawatiran pasar akan ancaman gelombang kedua kasus covid-19 pasca dibukanya kembali kegiatan ekonomi beberapa negara besar.

Lonjakan pesat juga terlihat pada sub Indeks ekonomi 12 bulan kedepan yang mencatat kenaikan impresif sebesar 32.6 persen menjadi 71.2 di bulan Mei, pulih dari level 53.7 pada bulan lalu. Secara keseluruhan, perbaikan data Sub Indeks ini terbilang sangat memuaskan, setidaknya mengurangi ketakutan konsumen terhada prospek kejatuhan ekonomi lebih dalam. Namun, data yang baru dirilis pagi ini masih menyiratkan bahwa konsumen Australia memprediksi pertumbuhan apapun belum akan terlihat dalam waktu dekat.

Secara wilayah, Australia Barat menjadi kawasan dengan kenaikan sentimen terbesar yakni sebesar 29 persen karena sukses dalam menerapkan Lockdown yang disambut oleh antusias responden dalam menyikapi pelonggaran pembatasan Lockdown. Sementara itu, sentimen konsumen di kawasan New South Wales tercatat naik 23 persen dan kawasan Victoria yang meningkat hanya 8 persen saja karena terbebani oleh ketidakpastian seputar pembatasan selama penerapan Lockdown.

Sentimen konsumen Australia yang membaik juga terlihat pada pemulihan signifikan pada sektor sektor seperti Perhotelan, Kesehatan dan Layanan Konsumen yang sebelumnya terpuruk karena dihantam oleh pandemi Covid.

AUD/USD Stabil, Nantikan Pidato Powell

Publikasi data Sentimen Konsumen negeri Kanguru pagi ini tidak berdampak signifikan terhadap pergerakan dolar Australia terhada greenback. Pada saat berita ini ditulis, pair AUD/USD diperdagangkan pada kisaran 0.64728 atau menguat 0.02 persen dari harga open harian. Pergerakan pair ini relatif stabil di saat investor masih menanti pidato ketua The Fed, Jerome Powell nanti malam untuk mencari tahu seperti apa langkah Bank Sentral AS itu dalam meredam perlambatan ekonomi akibat Covid-19.

Sumber:seputarforex.com

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonHubungi saya disini