AUD/USD Sedikit Melemah Akibat Keyakinan Bisnis Australia Turun

AUDUSD Sedikit Melemah Akibat Keyakinan Bisnis Australia Turun

Berikut berita terbaru mengenai forex hari ini – Pada hari Selasa (10 September 2019), Biro Statistik Australia mempublikasikan Indeks Keyakinan Bisnis yang melemah dari level 4 menjadi level 1 di bulan Agustus, menggambarkan keadaan bisnis yang turun ditengah suramnya kesempatan pertumbuhan di sektor korporasi. Sehingga laporan yang mengecewakan ini menekan pergerakan dolar Australia atas greenback pagi ini.

Selain itu, pada laporan lain yaitu Kondisi Bisnis di negeri Kanguru juga tercatat melemah dari level 3 menjadi level 1 di bulan Agustus, yang mengkonfirmasi lebih jauh tentang sektor bisnis Australia yang berada dalam keadaan bahaya di kuartal III/2019.

Laporan Keyakinan Bisnis serta Kondisi Bisnis yang menjadikan keduanya sebagai Indikator fundamental yang sangat diawasi secara seksama oleh Bank Sentral Australia (RBA), sehingga menurunya publikasi laporan keduanya berpotensi membuat RBA menyelidiki kembali prospek pemangkasan suku bunga untuk sisa tahun ini.

“Keyakinan Bisnis dan Indikator ekonomi lain (Business Condition) memperlihatkan belum adanya perubahan haluan yang besar dalam sektor bisnis. Walaupun keduanya dinilai masih berada di wilayah positif, tapi sudah berada dibawah nilai rata rata jangka panjang yang mencerminkan hilangnya kesempatan secara signifikan pada permintaan swasta”, ujar Alan Oster yang merupakan Kepala Ekonom NAB Group.

Ekonomi Australia dengan PDB yang mencapai AUD 1.96 Triliun sudah berulang kali mencegah resesi sejak tahun 1990-an dan sampai sekarang ada di titik lemah akibat dipicu oleh belanja konsumen yang melambat dan pertumbuhan upah yang terhenti, berpotensi mengarah kepada perlambatan yang lebih luas.

Rilis laporan Indeks Keyakinan Bisnis Australia bulan Agustus yang berada dibawah ekspektasi, menekan pergerakan AUD melawan dolar AS. Pada saat berita ini ditulis, pasangan mata uang AUD/USD diperdagangkan pada level 0.6851 atau terkoreksi tipis usai reli bullish secara menyakinkan selama 5 sesi terakhir ditengah euforia risk appetite menyambut kabar baik lanjutan pembicaraan mengenai dagang antara AS danChina yang akan dilaksanakan di Washington bulan depan.

Selanjutnya, fokus investor berpusat pada rilis Indeks Keyakinan Konsumen versi Westpac yang dijadwalkan akan dipublikasikan pada hari Rabu (10/September) besok. Apabila laporan keyakinan konsumen berada dibawah ekspektasi, maka dolar Australia berpotensi kembali tertekan melawan greenback.

CARA DAFTAR AKUN DEMO TRADING DI DIDIMAX

(Visited 40 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *