HARGA EMAS TURUN TAJAM SAAT INI

HARGA EMAS TURUN TAJAM SAAT INI

Harga emas turun tajam dalam perdagangan “overnight”, turun sekitar 3% setelah rilis laporan risalah pertemuan Federal Open Market Committee Minutes diluar dari yang diperkirakan. Isi dari FOMC dengan jelas prihatin dengan arah dari pemulihan ekonomi AS. Hal ini membebani sentimen pasar terhadap resiko dan menekan pasar saham.

Risalah dari FOMC juga menunjukkan bahwa the Fed memandang pembatasan atas imbal hasil hanya memberikan sedikit keuntungan bagi kondisi sekarang ini. Hal ini memberikan dorongan naik bagi imbal hasil AS, yang mendukung kenaikan dari dolar AS. Indeks dolar AS (DXY) naik ke ketinggian yang baru di 92.94.

Naiknya dolar AS ini dengan sendirinya menekan harga emas.

Harga emas berjangka kontrak bulan Desember sekarang diperdagangkan di sekitar $1,946 per ons.

Namun penurunan harga emas setelah rilis laporan FOMC dari the Fed, bukan terjadi hanya karena naiknya dolar AS. Sebagian besar penurunan harga emas yang terjadi disebabkan karena aksi jual yang masif dari para partisipan pasar dan trader emas.

Dari penurunan harga emas Spot sebanyak $72.40, terlihat di dalam Kitco Gold Index (KGX), sebanyak $56.80 disebabkan oleh karena para trader emas melikuidasi posisi belinya atau mengambil posisi jual, dan sisanya sebanyak $15.60 adalah karena naiknya dolar AS.

Meskipun harga emas turun tajam pada saat ini, namun faktor “bullish” bagi emas tidak berubah. Federal Reserve tetap menunjukkan bahwa mereka akan melakukan langkah apapun untuk mendukung pulihnya ekonomi AS. Penurunan harga emas saat ini adalah hal yang sehat yang memberikan kesempatan untuk membeli diharga yang lebih rendah, terutama bagi mereka yang tertinggal kereta dengan naiknya secara cepat harga emas beberapa hari belakangan ini.

Meskipun demikian, pasar masih memasuki fase konsolidasi sehingga masih memungkinkan untuk turun sedikit. Namun setelah itu pasar emas akan kembali kepada tren “bullish” nya.

Penurunan lebih lanjut akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,918 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,875 dan kemudian $1,846. Sedangkan “resistance” terdekat menunggu di $1,975 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,2000 dan kemudian $1,2020.

 

Sumber: https://www.vibiznews.com/2020/08/20/emas-mengalami-tekanan-jual-kuat-bisakah-naik-kembali/

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *