Ketegangan Baru AS-China Memicu Dolar AS Melemah Atas Yen

Ketegangan Baru AS-China Memicu Dolar AS Melemah Atas Yen

Berikut berita terbaru mengenai forex hari ini – Dolar AS mengalami pelemahan melawan yen Jepang di tengah kekhawatiran baru mengenai masalah perdagangan AS dan China. Pelemahan terjadi usai sebuah laporan jika Gedung Putih menunda keputusan untuk mengizinkan perusahaan-perusahaan AS melakukan bisnis dengan Huawei Technologies.

Data dari Bloomberg mengenai produsen peralatan telekomunikasi asal China tersebut dituding AS sebagai mata-mata dan sudah mencuri kekayaan intelektual yang mengakibatkan aksi penghindaran risiko yang juga mendorong kenaikan harga emas.

Dikutip Reuters meningkatnya ketidakpastian mengenai pertikaianantara AS dan China kemungkinan akan terus mendukung mata uang safe-haven dan penghindaran risiko untuk beberapa minggu mendatang.

GRATIS EDUKASI DIDIMAX

“Berita mengenai Huawei mengakibatkan kenaikan yen,” ujar Junichi Ishikawa yang merupakan analis valas senior di IG Securities, seperti dilansir Reuters.

“Saham Amerika Serikat sedang mencoba untuk melakukan pemulihan, namun ini pengingat bahwa permasalahan perdagangan AS danCina tetap berisiko, dan risiko ini tidak surut. Dalam keadaan ini, mudah bagi yen dan emas untuk naik lebih tinggi,” lanjutnya.

“Dolar AS turun 0,08 persen atau 0,09 poin ke level 105,98 yen pada pukul 08.48 WIB, di jalur untuk penurunan mingguan kedua berturut-turut. Jika dolar berhasil menembus level terendah 7 Agustus di 105,50 yen, maka selanjutnya akan menargetkan level 105,00 yen,” ujar Ishikawa.

Selain itu, indeks dolar AS, yang melacak pergerakan greenback atas mata uang utama lainnya, terlihatmelemah 0,072 poin atau 0,07 persen ke level 97,546 pada pukul 08.38 WIB.

Pada akhir perdagangan Kamis (8/8), Indeks dolar AS sebelumnya dibuka di zona merah dengan pelemahan 0,046 poin atau 0,05 persen ke level 97,572, usai perdagangan ditutup menguat 0,074 poin atau 0,08 persen ke level 97,618.

Pedagang yen sebagian besar tidak terpengaruh oleh laporan yang memperlihatkan ekonomi Jepang tumbuh jauh lebih dari yang diharapkan pada bulan April-Juni, dikarenakan konsumsi swasta dan investasi bisnis yang kuat mengimbangi tekanan terhadap ekspor dari pendinginan permintaan global.

Selain itu harga emas di pasar spot naik 0,3 persen menjadi US$1.500,80 per troy ounce di Asia, mendekati level tertinggi dalam enam tahun.

Gedung Putih menunda keputusannya terhadap Huawei usai China menyatakan akan menghentikan pembelian produk pertanian AS, mengamati sifat sengketa perdagangan antara dua negara dengan ekonomi terbesar dunia ini.

CARA DAFTAR AKUN DEMO TRADING DI DIDIMAX

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonHubungi saya disini
Shares