OPEC Tetap Pangkas Produksi, Harga Minyak Meningkat

OPEC Tetap Pangkas Produksi, Harga Minyak Meningkat

Berita terbaru tentang forex dan komoditas – Harga minyak meningkat lebih dari 1 persen pada hari Senin (Selasa pagi WIB) diangkat oleh komentar dari Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih yang menilai penghentian pemotongan pasokan yang dipimpin Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) tidak mungkin dilakukan sebelum  Juni 2019.

Penjelasan dari al-Falih tersebut membuat pelaku pasar yakin jika OPEC masih akan terus mempertahankan tingkat produksi minyak pada level yang telah disepakati pada Desember 2018.

Dikutip dari Reuters, Selasa tanggal 12 Maret 2019, harga minyak mentah berjangka Brent naik menjadi USD 84 sen atau 1,28 persen menjadi USD 66,58 per barel. Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 72 sen atau 1,28 persen menjadi USD 56,79 per barel.

Falih mengungkapkan kepada Reuters pada hari Minggu bahwa akan terlalu cepat untuk mengubah fakta pembatasan produksi yang telah disetujui oleh OPEC serta sekutu termasuk Rusia sebelum pertemuan itu pada Juni.

GRATIS EDUKASI DIDIMAX

“Saudi terus mengambil pendekatan lebih aktif untuk mendapatkan penawaran dan permintaan dalam keseimbangan yang lebih baik,” ujar Andrew Lipow, Presiden Lipow Oil Associates di Houston.

Sepanjang tahun ini, pasar minyak telah didukung kebijakan pengurangan persediaan yang sedang berlangsung oleh kelompok yang disebut OPEC +, yang telah membuat janji untuk memotong 1,2 juta barel per hari (bph) dalam persediaan minyak mentah sejak awal tahun untuk menyangga harga.

Kelompok ini akan mengadakan pertemuan pada 17-18 April, dengan pertemuan lain dijadwalkan 25-26 Juni yang akan membahas kebijakan persediaan.

OPEC diprediksi akan memantau permintaan minyak dunia serta keseimbangan persediaan karena kelompok itu mempertahankan pengurangan produksi selama pertemuan di bulan April, ujar pejabat senior minyak Teluk, Senin.

“Kami ingin melihat persediaan dagang turun,” ujar pejabat itu di tengah-tengah konferensi energi CERAWeek IHS Markit.

Pejabat itu menambahkan bahwa persediaan minyak mentah serta produk minyak global harus turun kembali ke rata-rata lima tahun, target yang telah ditetapkan OPEC untuk mengurangi kelebihan minyak global.

Sementara itu, seorang pejabat Saudi mengatakan bahwa negaranya berencana mengurangi ekspor minyak mentah pada April menjadi di bawah 7 juta barel per hari.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonHubungi saya disini