Pasar Emas Menantikan Hasil Pertemuan FOMC

Pasar Emas Menantikan Hasil Pertemuan FOMC3

Berita forex dan komoditas terbaru hari ini – Pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal Reserve atau Federal Open Market Committee atau disingkat FOMC pada 20 Maret waktu setempat diharapkan akan mengkonfirmasi prediksi pasar jika The Fed akan tetap menahan suku bunga pada sisa tahun ini.

World Gold Council dalam pernyataannya menyatakan, hal tersebut pada kemungkinan gilirannya akan mempengaruhi kinerja emas.

“Analisis historikal kami memperlihatkan saat The Fed memindahkan dari penyempitan ke sikap netral, harga emas yang meningkat. Sekalipun dampak ini tidak selalu terjadi segera,” ujarnya, Rabu 20 Maret 2019.

Dalam analisisnya terhadap outlook 2019, tim WGC melansir kebijakan moneter dan arah dolar Amerika Serikat sebagai gaya utama untuk diamati pada tahun ini. Dengan begitu, mereka mempercayai bahwa pertemuan FOMC nanti yang akan meliputi laporan prediksi Fed, yang akan memberikan kejelasan lebih lanjut tentang harapan kebijakan moneter.

“Pada waktunya akan menawarkan lebih lanjut tentang kinerja emas tahun ini,” ujarnya.

Sementara saat ini, harga obligasi tercermin oleh pasar yang cenderung secara tepat memasukan isyarat sementara dari The Fed. Hal itu menandakan bahwa The Fed kemungkinan besar akan bertahan selama 2019 dan memiliki kemungkinan memotong 15% untuk pertama kali dalam beberapa tahun.

Selama 2018, kinerja emas sebagian besar dipengaruhi oleh arah dolar Amerika Serikat. Namun tentang suku bunga dalam hubungannya dengan ketidakjelasan pasar, mengambil posisi terdepan.

“Penelitian kami sebelumnya mengamati fakta jika suku bunga memiliki dampak yang lebih besar pada kinerja harga aset termasuk emas ketika ada perubahan sikap kebijakan. Pada Januari analisi kami menunjukkan bahwa memang prediksi suku bunga mulai memainkan peran yang lebih berpengaruh daripada yang terjadi pada tahun 2018,” tulisnya.

Berdasarkan informasi, hasil pertemuan tersebut akan diumumkan pada Kamis 21 Maret 2019 waktu Indonesia.

Senada, Asia Tradepoint Futures dalam observasinya menyatakan kepastian pasar terhadap hasil pertemuan The Fed menjadi motivasi positif bagi harga emas sepanjang perdagangan malam tadi. Tercatat, harga emas menguat 0,22%.

“Pelaku pasar memperkirakan bahwa The Fed belum akan merubah kebijakannya dan tetap mempertahankan tingkat suku bunga 2,50%,” ujarnya yang ikutip dari halaman resminya.

Di sisi lain, penyangga bagi harga logam mulia juga datang dari proses negosiasi dagang antara Amerika Serikat dengan China. Sebab proses tersebut mulai menimbulkan kegelisahan karena kedua belah pihak tampak sedang mempertimbangkan tarif impor yang telah dikenakan terhadap masing-masing produk.

CARA DAFTAR AKUN DEMO TRADING DI DIDIMAX

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonHubungi saya disini