APA ITU SAFE HAVEN?

Apa Itu Safe Haven?

Safe haven adalah aset investasi yang mempunyai tingkat risiko rendah, ketika perekonomian global tidak menentu atau ada gejolak geopolitik. Masalahnya adalah, suatu jenis investasi safe haven adalah safe haven, hingga jenis investasi tersebut tidak lagi safe haven.

Maksudnya, aset safe haven adalah aset yang digunakan sebagai pelarian saat kondisi ekonomi global dianggap sedang tak aman. Jadi, dalam kondisi tertentu, aset safe haven bisa saja tak lagi menjadi aset safe haven ketika kondisi sudah dianggap aman.

Berikut ini adalah 3 aset safe haven:

1. Bond Pemerintah AS

Contoh klasik safe haven adalah bond pemerintah AS. Dalam hal ini, pembayaran dan nilai pokoknya dijamin sepenuhnya oleh pemerintah AS. Terlebih lagi, karena pemerintah AS dianggap tidak pernah default (gagal) dalam membayar utang. Karena itu, bond pemerintah AS dianggap jenis investasi safe haven.

2. Yen Jepang

Yen Jepang dipilih sebagai aset safe haven karena kebijakan ekonomi dan reaksi investor-investor Jepang terhadap perubahan di pasar. Neraca berjalan Jepang mengalami surplus karena adanya pemasukan dari investasi asing yang lebih besar daripada pemasukan di sektor perdagangan.

3. Franc Swiss

Franc Swiss merupakan investasi safe haven bagi para investor karena stabilitas dalam pemerintahan dan sistem finansial Swiss. Tingkat inflasi Swiss yang rendah serta kepercayaan masyarakat pada Swiss National Bank (SNB) makin memperkuat Franc Swiss untuk dijadikan safe haven.

Menanggapi hal ini, salah seorang ekonom senior IMF menyatakan kurang setuju. Olivier Blanchard, ekonom tersebut, mengatakan bahwa sejak krisis finansial, reputasi Dolar sebagai mata uang safe haven rentan, karena tautan antara kekuatannya dengan jumlah “pelarian” ke US Treasuries ikut mengalami penurunan.

Selain itu, Blanchard memperingatkan bahwa meskipun ekonomi AS telah membaik, masih ada masalah pembayaran utang yang membayangi. Secara politik, ekonomi AS juga sedang tidak menentu. Oleh sebab itulah, menganggap Dolar AS sebagai aset safe haven adalah hal yang meragukan.

Waktu Untuk Berinvestasi Ke Aset Safe Haven

Menentukan waktu untuk berinvestasi ke aset safe haven barangkali adalah sebuah keputusan yang sulit. Setelah berakhirnya krisis finansial global, pasar akan rebound dan saatnya Anda masuk. Akan tetapi ketika terjadi resesi, Anda bisa kembali melirik aset-aset safe haven.

BIMGINGAN TRADING FOREX DI KOTA PAYAKUMBUH

Dalam menentukan waktu untuk berinvestasi aset safe haven, Anda sebaiknya memperhatikan juga siklus ekonomi suatu negara dari aset yang diincar.

Anda tidak harus beralih ke aset safe haven hanya ketika keadaan ekonomi tidak menentu. Jika Anda melakukan diversifikasi dengan baik pada aset-aset Anda, maka aset safe haven dapat juga dimasukkan ke portofolio. Hal itu karena safe haven tetap bisa profitable, baik ketika kondisi ekonomi sedang ekspansi maupun ketika sedang tidak menentu.

Profit Konsisten Didimax

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *