Dollar Kanada Menguat Jelang Kebijakan Moneter BoC

Dollar Kanada Menguat Jelang Kebijakan Moneter BoC

Setelah Bank Sentral Australia mengumumkan kebijakan moneternya kemarin dengan nada netral, maka nanti malam sekitar pukul 22.00 WIB giliran Bank Sentral Canada (BOC) yang akan mengumumkan kebijakan moneternya. Pada tahun 2018 Bank Sentral Canada (BOC) telah menaikan suku bunga sebanyak 3 kali dan pada tanggal 9 Januari 2019 Bank Sentral Canada (BOC ) menetapkan kebijakan moneter untuk tidak menaikan suku bunga karena adanya penurunan proyeksi pertumbuhan domestic dan global, terutama pada saat itu belum terlihat bahwa konflik perdagangan  Amerika – China masih belum menemukan titik terang.

Keputusan ketua Bank Sentral Canada (BOC) Stephen S Poloz untuk menahan suku bunga di awal tahun 2019 tentunya sangat dipengaruhi oleh prediksi turunnya pertumbuhan ekonomi global yang sangat mempengaruhi harga minyak di dunia, dimana keadaan tersebut tidak terlepas dari akan menurunnya permintaan akan minyak dunia yang dapat menekan harga minyak dunia untuk kedepannya. Canada sebagai Negara penghasil minyak bumi terbesar No. 4 di dunia dan bukan termasuk kedalam Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC), tentunya mengalami tekanan terhadap penurunan inflasi yang dipengaruhi oleh sektor tenaga kerja dan pengeluaran anggaran belanja dimasa yang akan datang.

Saat ini data ekonomi Canada masih terlihat melemah terutama pada Produk Domestik Bruto (GDP) serta laju tingkat inflasi yang turun dari angka 2% ke angka 1,4%. Sektor tenaga kerja negara tersebut terlihat netral dengan tingkat pengangguran sedikit naik dari angka 5,6% ke angka 5,8%. Secara umum data-data ekonomi Canada setelah kebijakan moneter terdahulu sampai saat ini dapat dikatakan netral namun cenderung memburuk.

Untuk itu para pengamat ekonomi tentunya akan menghapuskan prediksi atas kenaikan suku bunga Bank Sentral Canada (BOC ) nanti malam dengan tetap mempertahankan suku bunga nya dan tentunya yang akan menjadi titik fokus adalah pernyataan atas kebijakan moneter yang akan dirilis bersama dengan tingkat suku bunga.

Pernyataan dovish dari Bank Sentral Canada (BOC) akan membawa pair USD/CAD menuju 1.3442 bahkan ke 1.3484, sedangkan pernyataan Hawkish akan membawa pair ini kembali ada dibawah 1.3247. Selain itu, yang perlu mendapatkan perhatian adalah secara teknikal pair ini telah naik 5 hari secara berturut turut tanpa adanya koreksi sedikitpun, sehingga kemungkinan koreksi penurunan dapat terjadi setelah kenaikan harga sampai diatas level 1.34 dan akan terkoreksi turun setelahnya.

www.didimaxforex.com

 

(Visited 76 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonHubungi saya disini