Isu Resesi AS Mulai Reda, Emas Melemah Kembali

Berita terbaru tentang komoditas hari ini – Harga emas berjangka berubah menjadi melemah seiring dengan mulai meredanya kekhawatiran pasar berhubungan adanya potensi resesi di Amerika Serikat yang menambah daya tarik investor untuk kembali ke aset investasi berisiko.

Bersumber pada data Bloomberg, harga emas di bursa Comex pada perdagangan Selasa 26 Maret 2019 pukul 10.44 WIB, bergerak menurun 0,17% menjadi US$1.326,80 per troy ounce.

Lalu, harga emas di pasar spot juga bergerak menurun pada level US$1.320,75 per troy ounce, turun tipis 0,08%.

Melansir riset harian Asia Trade Point Futures, penjelasan dari pejabat The Fed Wilayah Boston Eric Rosengren terkait perkembangan Amerika Serikat yang melambat telah meningkatkan kepercayaan diri investor untuk kembali bermain aset berisiko dan meninggalkan dolar Amerika Serikat.

PUSAT EDUKASI TRADING FOREX DIDIMAX

“Tampak setelah keterangan dari Rosengren, pelaku pasar mulai melepas dolar Amerika Serikat dan kembali memburu aset-aset beresiko seperti mata uang negara emerging market,” catat Asia Trade Point Futures seperti dilansir dari studinya yang diunggah di laman resminya, Selasa 26 Maret 2019.

Mengenal indeks dolar Amerika Serikat yang mengukur kekuatan greenback di hadapan mata uang mayor lainnya bergerak melemah, turun dari 0,05% menjadi 96,521.

Seperti informasi, pada perdagangan sebelumnya, emas tengah mengalami reli penguatan seiring dengan kekhawatiran pasar terkait dengan potensi terjadinya resesi di Amerika Serikat.

Isyarat resesi tersebut berasal dari imbal hasil obligasi pemerintah Amerika Serikat dengan tenor 3 bulan lebih tinggi dibandingkan dengan imbal hasil obligasi dengan tenor 10 tahun. Inversi tersebut terjadi pertama sejak Januari 2017.

Investor yang memilih jaminan untuk instrumen jangka pendek  tersebut menggambarkan prediksi yang suram terhadap kondisi perekonomian dalam waktu dekat sehingga membuka peluang investor untuk melindungi nilai di komoditas emas.

Walaupun demikian harga emas masih berpeluang akan mengalami penguatan dalam perdagangan jangka pendek.

“Aset safe haven emas menguji level resisten di US$1.327 sampai US$1.330 per troy ounce. Tapi, jika harga berbalik turun, level support terlihat di area US$1.317 sampai US$1.314 per troy ounce dengan fokus pasar akan tertuju pada perilisan data keyakinan konsumen Amerika Serikat untuk petunjuk pergerakan dollar Amerika Serikat,”

CARA DAFTAR AKUN DEMO TRADING DI DIDIMAX

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonHubungi saya disini