Perbaikan Positif AS-China Membuat Dolar Kanada Menguat tapi USD-CAD Tertahan Dolar AS


Pada saat ini pergerakan mata uang Dolar AS ( USD ) terhadap Dolar Kanada ( CAD ) berada di kisaran level harga 1.3300. Kondisi ini terjadi saat perdagangan baru mulai dibuka pada hari Senin pagi (4/3). Tanda-tanda positif dari kesepakatan akhir antara dua negara yaitu Amerika dan Kanada dengan ekonomi terkuat saat ini yaitu AS-China, membuat para pelaku pasar dan para investor menyimpan dana mereka pada aset-aset beresiko. Hal inilah yang membuat pasangan mata uang USD-CAD masih tampak stagnan di level harga 1.3300. Salah satu yang mendukung pergerakan selanjutnya adalah kondisi greenback terhadap beberapa mata uang utama yang melemah.

Kemudian pada saat sebelumnya kabar positif diterima dari Wall Street Journal yang menyatakan bahwa saat ini kesepakatan akhir sedang dibentuk. Selain itu pula kabar positif juga disampaikan oleh Bloomberg berdasarkan kabar dari Negara China yang menyatakan negosiasi atau perundingan Amerika Serikat dan Republik Rakyat China mengalami perkembangan yang sangat maju. Hal ini tentunya mendorong naiknya permintaan komoditas minyak mentah dan aset-aset beresiko lainnya.

Ketika kabar positif tersebut didengar oleh pasar, seketika pula membuat pergerakan aset bersiko menanjak tajam. Komoditas-komoditas cukup dimintai dan berimbas pada dukungan-dukungan mata uang komoditas seperti mata uang Australia Dollar atau AUD, Newzealand atau NZD dan mata uang Canada Dollar atau CAD. Negara China sendiri menjadi salah satu pelaku industri-industri dalam skala besar sehingga kabar positif membuat permintaan komoditas menguat.

Pergerakan pasangan Dolar AS ( USD )dengan Dolar Kanada ( CAD )terlihat menurun, tapi kondisi ini ditahan dengan pernyataan-pernyataan yang dlikemukakan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang berselisih pendapat dengan Fed atau Bank Sentral Amerika. Kondisi Dolar AS (USD) yang terus menguat membuat pasangan mata uang USD-CAD stagnan.

Terlepas dari kabar positif yang beredar tersebut, masing-masing pembuat kebijakan di Negara Amerika Serikat dan Negara China sebenarnya berbeda penglihatan. Wakil Menteri Luar Negeri China mengungkapkan kekecewaan terhadap Negara Amerika Serikat atas kinerjanya dalam bidang perdagangan dan keamanan. Sehingga kabar mengenai kesepakatan perdagangan tersebut masih belum benar-benar jelas dan berpotensi mengakibatkan perdagangan mata uang seperti Dolar Kanada (CAD) akan bervolume tinggi.

(Visited 18 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonHubungi saya disini