PERBEDAAN JENIS-JENIS BROKER

Hallo sahabat trader!! Bukankah kita tahu bahwa saat akan trading kita harus mengetahui jenis-jenis broker.Untuk apa? tentu saja biar kita merasa aman dan nyaman saat akan memulai trading.

Yuk simak artikel ini, untuk mengetahui ada jenis-jenis broker apa aja sih ?

JENIS BROKER BERDASARKAN PROSES TRANSAKSINYA

Sebelum anda memulai trading pada sebuah broker, tentunya anda harus memahami terlebih dahulu seperti apa jenis dari broker broker yang akan anda pilih untuk trading.

Secara garis besar terdapat dua jenis broker yang bermain dalam kategori trading online, yaitu:

1.       Dealing Desk Broker

2.       Non Dealing Desk Broker

Apa Yang Dimaksud Dengan Dealing Desk Broker ?

Dealing desk atau dikenal juga dengan “market marker” adalah jenis broker yang hadir dengan ketentuan dan pasarnya tersendiri.Dengan jumlah dana yang lebih besar mereka biasanya mampu menciptakan pasar mereka tersendiri yang mengambil posisi melawan para tradernya.Kekalahan trader biasanya menjadi nilai keuntungan bagi mereka.

Dealing desk broker sendiri terbagi kedalam dua bagian yaitu :

1.  Dealer besar

Dealer Besar yaitu broker berjenis “dealing desk” yang sudah teregulasi secara legal dan terdaftar (baik pada NFA, CFTC dan FSA) sebagai perusahaan pialang/Futures Commision Merchant (FCM). Dengan kata lain broker berjenis ini bisa menjamin keamanan dana dan mampu membayarkan profit trading yang didapatkan oleh para nasabah mereka.

2. Dealer kecil (Bucket shop)

Merupakan jenis broker dealing desk tidak teregulasi dan atau terdaftar dibawah naungan badan yang berwenang untuk mengawasinya.Broker jenis ini biasanya sering melakukan kecurangan terhadap para nasabahnya terutama pada mereka trader yang masih awam.Kecurangan yang dilakukan biasanya meliputi: sering terjadinya requote, eksekusi order yang lambat, manipulasi harga, proses transaksi yang dijalankan sepihak serta seringnya server yang mengalami down. Sebisa mungkin anda disarankan untuk menghindari broker berjenis ini, karena bisa saja kecurangan yang mereka lakukan akan membuat anda rugi karena biasanya merekalah yang akan menentukan apakah orderan para trader mereka akan dilakukan sesuai pesanan atau tidak sama sekali.

Apa Yang Dimaksud Dengan Non Dealing Desk Broker ?

Non dealing desk adalah broker yang sistem transaksi para nasabahnya diteruskan langsung kepasar ataupun kepada institusi keuangan sebagai liquiditor. Jaminan pemenuhan order sudah tidak perlu diragukan disini.

Metode seperti ini lebih dikenal dengan istilah market execution yang sering dijadikan pilihan oleh banyak professional trader karena lebih bersifat fair tanpa adanya manipulasi. Dalam hal ini para trader dihadapkan kepada kondisi pasar sesungguhnya bukan melawan bandar atau broker lainnya.

Non dealing desk broker terbagi kedalam 3 kategori, yaitu:

1.   ECN Broker

Adalah jenis broker yang melempar order transaksi para nasabahnya langsung kepasar untuk berkompetisi dengan para peserta lainnya. Tidak perduli besar kecil, group ataupun perorangan.

2.   DMA Broker

Tidak jauh berbeda dengan ECN, namun keunggulan DMA ialah adanya kontrak kepada beberapa liquidator sekaligus yang memungkinkan para trader mereka untuk memilih dan mendapatkan tingkat spread dan harga terbaik. Kecepatan eksekusinya adalah keunggulan utama dari broker berjenis ini.

3.   STP Broker

STP Broker ini merupakan Broker non dealing desk tergolong kedalam kategori Broker yang hanya mengambil peranan sebagai penghubung yang memberikan rute order yang dipesan oleh trader mereka ke penyedia liquiditas yang memiliki akses pasar. Broker berjenis ini biasanya melempar kembali order yang mereka terima ke pada broker besar ataupun institusi lainnya sebagai liquiditor. Meski demikian pada proses transaksinya para trader bisa melihat harga terbaik dipasaran/BBBO (Best bid best and best offer).

Mengapa Hal ini Begitu Penting ?

Setiap pelaku pasar trading pastinya memahami pentingnya kejelasan pemenuhan order transaksi adalah salah satu prioritas utama yang perlu diperhatikan dalam hal apapun. Semua trader tentunya menginginkan tempat dimana mereka mendapatkan fasilitas terbaik saat melakukan transaksi pasar.Kejelasan dan kemampuan suatu broker dalam pemenuhan order transaksi para nasabah mereka bisa dikatakan sebagai syarat utama broker yang patut dijadikan pilihan.

Jadi, dengan banyaknya jenis broker yang berkeliaran saat ini, anda harus bisa memilah dan memilih manakah dari jenis-jenis broker tersebut yang dapat/mampu memberikan tanggung jawab penuh kepada klient mereka apabila nantinya timbul permasalahan.

JADI ? BROKER JENIS APA YANG ANDA PILIH ?

JANGAN SAMPAI SALAH PILIH YAA!!!

Yuk Join GO_FX VVIP DIDIMAX, lalu ciptakan trading santai dan profit yang konsisten anda sekarang juga!!

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *