TIPS PSIKOLOGIS TRADING YANG BAIK

Dalam trading kita harus mampu mengendalikan emosi, jika tidak trading kita akan berantakan. Berikut TIPS PSIKOLOGIS TRADING YANG BAIK

Psikologi Trading Yang Benar

Banyak sekali trader yang mengalami kegagalan karena tidak mampu menguasai emosi. Berikut adalah tips-tips agar memiliki psikologi trading yang baik :

  • Buatlah trading plan

Trading plan adalah semacam aturan yang Anda terapkan untuk diri Anda sendiri. Rencanakan dengan baik setiap strategi trading Anda, dan eksekusi rencana itu ketika tiba waktunya tanpa ragu.

Dalam chapter sebelumnya sudah dibahas mengenai pentingnya menjalankan trading plan dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi. Jangan pernah sekalipun Anda membiarkan diri Anda melanggar aturan yang sudah Anda buat sendiri.

Percayalah bahwa jika sekali saja – bahkan hanya sekali – Anda membiarkan aturan itu dilanggar, itu akan menjadi kebiasaan. Tanpa Anda sadari, tiba-tiba Anda sudah berada di bibir jurang kehancuran.

  • Terapkan 3M

Mind erat kaitannya dengan faktor psikologi, termasuk ketika nantinya Anda menerapkan trading plan dan manajemen resiko. Termasuk juga apakah nanti Anda akan berani menahan posisi terbuka yang sedang mengalami profit?

Termasuk juga apakah nanti Anda akan berani menerapkan stop loss pada setiap transaksi Anda dan tidak tergoda untuk membatalkan stop loss tersebut?

Method berhubungan erat dengan sistem trading dan strategi yang Anda gunakan. Metode yang Anda gunakan sebaiknya adalah metode yang sudah teruji keampuhannya.

Bukan berarti metode yang 100% selalu profit, namun – sebagaimana yang telah kita bahas sebelumnya – memiliki win-loss ratio yang baik.

Money adalah uang. Ini tentang bagaimana Anda mengelola modal dengan menerapkan manajemen modal yang baik, yang juga sudah dibahas dalam modul pembelajaran ini.

3M ini merupakan satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan. Harus serasi antara metode yang digunakan dengan kemampuan modal, dan harus memiliki keberanian untuk mengeksekusi transaksi berdasarkan trading plan Anda.

  • Jangan Overtrade dan Greedy

Jangan overtrade. Jangan tergoda untuk melakukan transaksi dalam jumlah besar tanpa didukung oleh perhitungan dan manajemen modal yang baik.

Banyak sekali trader yang melakukan hal itu hanya untuk satu tujuan, supaya cepat menghasilkan profit dalam waktu singkat. Mereka tidak ingat bahwa semakin besar jumlah transaksi yang dilakukan maka potensi kerugiannya pun akan semakin besar pula.

Ketika harga sudah menyentuh target profit Anda, ambil. Meskipun harga ternyata masih melanjutkan pergerakannya. Anda masih memiliki banyak waktu untuk mencari peluang lain.

Demikian pula ketika pasar dengan bengisnya menghajar level stop loss Anda. Artinya Anda harus berhenti sejenak untuk tenangkan sebelum cari peluang lain lagi.

Jangan terpengaruh untuk membatalkan stop loss Anda ketika harga semakin mendekati level tersebut. Ingatlah bahwa stop loss itu pada dasarnya adalah penyelamat akun Anda dari potensi kerugian yang semakin besar.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonHubungi saya disini