Boris Johnson Angkat Pembicaraan No Deal Brexit, Pound Melemah

Boris Johnson Angkat Pembicaraan No Deal Brexit, Pound Melemah

Berita terbaru mengenai forex hari ini – Mata uang pound sterling Inggris menyentuh level terendahnya melawan dolar Amerika Serikatdalam lebih dari dua tahun dikarenakan kekhawatiran mengenai Brexit tanpa kesepakatan.

Nilai tukar Streling terjun bebas ke level terendahnya dalam 28 bulan di level US$1,2213 usai kabinet pemerintahan PM Johnson mengangkat skenario untuk Inggris keluar dari UE tanpa kesepakatan  pada 31 Oktober.

Sejumlah investor melihat tindakan itu akan membawa Inggris ke dalam resesi dan menambah ketidakpastian yang tidak diinginkan kepada pasar keuangan.

Pada perdagangan Senin (29/7/2019), Pound  terakhir kali diperdagangkan di level US$1.2225 atau melemah 1,25 persen , menurut laporan Reuters.

“Ada kesadaran jika pasar tidak sepenuhnya memperhitungkan peluang peningkatan Brexit tanpa kesepakatan,” kata Claire Dissaux yang merupakan kepala ekonomi dan strategi global di Millennium Global Investments.

Dengan melemahnya pound sterling, indeks dolar AS naik dan menyentuh level tertingginya sejak akhir Mei saat pasar mengamati kemungkinan penurunan suku bunga di Amerika Serikat minggu ini.

Indeks dolar AS mengalami kenaikan 0,05 persen, dan nilai tukar euro mengiat 0,15 persen ke posisi US$1,1142.

Dari data produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat pada Jumat (26/7/2019) yang lebih kuat dari prediksi membuat sebagian investor curiga apakah The Fed akan melanjutkan tindakan pelonggaran kebijakannya tahun usai pertemuan pada Rabu (31/7/2019).

Pasar masih tetap memperkirakan penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin oleh The Fed dalam pertemuan kebijakan moneternya yang berakhir Rabu serta melihat sedikitnya peluang pemotongansebesar 50 basis poin.

“Sejumlah orang menyatakan The Fed bisa memotong 50 basis poin, namun saya pikir itu tidak akan terjadi,” kata Stan Shipley yang merupakan ahli strategi pendapatan tetap di Evercore ISI.

“Pertanyaannya yaitu apa yang akan mereka katakan mengenai tindakan penurunan di masa mendatang,” tambahnya.

Investor juga mengawasi perbincangan perdagangan Amerika Serikat dan China minggu ini. Tim negosiasi AS dan China bertemu di Shanghai untuk mengadakan pembincangan langsung pertama mereka sejak pemimpin kedua negara memutuskan menghentikan penetapan tarif bulan lalu.

Walau demikian, harapan bahwa kedua negara akan mencapai terobosan dalam hal kesepakatan perdagangan minggu ini dipandang rendah.

CARA DAFTAR AKUN DEMO TRADING DI DIDIMAX

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *