Dolar AS Diprediksi Akan Menekan Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

 

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memprediksi pergerakan nilai tukar rupiah pada Rabu ini bisa berpotensi melemah terhadap dolar AS.

Menurut pengamatannya, dolar AS terlihat menguat sejak semalam karena indikasi pemulihan ekonomi di AS dari rilis data-data tenaga kerja dan indeks harga produsen bulan Juli-nya yang lebih bagus dari proyeksi.

Ia menjelaskan, penguatan dolar AS ini bisa menekan pergerakan nilai tukar emerging markets termasuk rupiah.

Selain itu, tambah Ariston, kabar belum adanya kemajuan pembicaraan stimulus AS antara dua partai berkuasa juga bisa melemahkan sentimen terhadap aset berisiko pagi ini.

“Rupiah berpotensi tertekan dengan potensi kisaran Rp 14.550 – Rp 14.750,” ujar Ariston dalam riset hariannya, Rabu (12/8/2020).

Berdasarkan data Bloomberg pergerakan rupiah pada Selasa (11/8/2020) berada di level Rp 14.680 per dolar AS. Level itu melemah dibanding pergerakan Senin sebelumnya sebelumnya di level Rp 14.647 per dolar AS.

Sementara itu, berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia, rupiah pada Selasa kemarin berada di level Rp 14.728 per dolar AS. Posisi itu menguat dibandingkan pada Senin sebelumnya yang di level Rp 14.750 per dolar AS.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *