KORBAN COVID-19 MELONJAK TRUMP LUNCURKAN PANDUAN “MEMBUKA AMERIKA KEMBALI”

KORBAN COVID-19 MELONJAK , TRUMP LUNCURKAN PANDUAN "MEMBUKA AMERIKA KEMBALI"

Korban COVID-19 di Amerika Melonjak , Presiden Donald Trump malah luncurkan panduan “Membuka Amerika Kembali”.

“Opening Up America Again”

Korban meninggal akibat Covid-19 di Amerika mencapai 32.917 pada hari Kamis. Kantor berita AFP memberitakan, jumlah korban pada pukul 20.30 waktu setempat telah meningkat 4.491 dalam 24 jam terakhir, yang merupakan jumlah korban harian tertinggi sejauh ini. Akan tetapi angka tersebut kemungkinan termasuk data-data yang sebelumnya tidak dimasukkan.

Minggu ini New York City mengumumkan akan menambah “kemungkinan” 3.778 korban meninggal akibat virus corona. Sementara itu Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mencatatkan 31.071 korban meninggal hingga Kamis malam, yang 4.141 di antaranya adalah “kemungkinan” korban.

Negeri “Uncle Sam” memiliki angka kematian tertinggi di dunia, diikuti Italia dengan 22.170 korban meninggal. Kemudian Spanyol telah mencatatkan 19.130 kematian, diikuti Perancis dengan 17.920. Lebih dari 667.800 kasus virus corona terdapat di AS, yang dalam dua hari terakhir mencatatkan jumlah kematian harian tertinggi.

Namun menariknya , di situasi angka kematian akibat virus di Amerika melonjak Presiden Donald Trump malah luncurkan panduan “Opening Up America Again”.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan panduan yang dia inginkan agar para gubernur dapat menggunakannya untuk rencana mereka sendiri saat membuka kembali negara bagian masing-masing. Negara bagian Montana dan Wyoming dikabarkan kemungkinan akan mulai buka segera hari ini.

Presiden Trump mengatakan negaranya bisa membuka kembali dengan langkah hati-hati. Dia juga mengklaim kalau puncak kasus wabah di negaranya sudah berlalu dan memuji tindakannya sendiri yang dia anggap cepat dalam merespons. Padahal, Trump banyak dikritik lamban dan tidak efektif.

“Para ahli kami sekarang setuju bahwa kami dapat memulai ‘front’ selanjutnya di dalam ‘perang’ kami,” kata Trump. “Warga Amerika ingin terbuka. Penutupan nasional bukanlah solusi jangka panjang. Ini akan tergantung pada tiap gubernur.” Presiden Trump memberi judul pada blueprint-nya, “Membuka Amerika Kembali”. Blueprint itu merupakan panduan yang menetapkan parameter bagi gubernur untuk mengikuti tiga fase, dengan sekolah-sekolah di negara bagian yang tidak berpotensi kasus positif virus corona tinggi dapat mulai dibuka lagi di fase kedua.

Para ahli mengatakan, AS tidak bisa membuka banyak bisnis pribadi sementara sekolah dan fasilitas penitipan anak masih harus ditutup. Gedung Putih merekomendasikan negara bagian untuk mematuhi serangkaian standar bahkan sebelum berpindah ke fase ketiga. Namun, Gedung Putih tidak merekomendasikan kapan tanggal atau jadwal berapa lama setiap fase untuk bertahan.

Sumber : kompas.com

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *