Forex GBP/USD Turun Karena Ketakutan Brexit Tanpa Kesepakatan

 

GBP/USD tidak berlanjut naik dan berbalik turun ke bawah 1.32. Poundsterling terus tertekan dengan berat ditengah ketakutan akan terjadinya Brexit yang tanpa kesepakatan. Tekanan turun terhadap pasangan matauang ini juga disebabkan karena tetap bertahannya dolar AS.

Pasangan matauang GBP/USD gagal mengkapitalisir kenaikan sekitar 100 pips pada hari Jumat minggu lalu, dan sebaliknya memulai hari pertama perdagangan pada minggu yang baru dengan tekanan jual. Momentum menyeret pasangan matauang ini ke bawah 1.32 selama awal perdagangan sesi Eropa disebabkan oleh ketakutan akan Brexit yang tanpa kesepakatan. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menetapkan tenggat waktu tanggal 15 Oktober untuk kesepakatan perdagangan bebas dengan Uni Eropa. Johnson juga mengancam bahwa Inggris bisa keluar dari pembicaraan dalam beberapa minggu ini dan berkata bahwa keluarnya Inggris tanpa kesepakatan adalah hasil yang baik bagi Inggris.

Sementara secara terpisah, negosiator Brexit dari Inggris, David Frost mengatakan bahwa Inggris tidak takut akan keluar dengan tanpa kesepakatan pada akhir tahun ini. Kepala negosiator dari Uni Eropa, Michel Barnier menyalahkan David Frost dan mengatakan dia tidak setuju dengan persetujuan perdagangan bebas. Berita-berita yang kurang bagus sehubungan dengan Brexit ini muncul pada saat pembicaraan perdagangan setelah Brexit akan dimulai lagi pada hari Selasa. Hal ini memukul poundsterling.

Di pihak lain, dolar AS diperdagangkan naik pada hari pertama perdagangan di minggu yang baru. Hal ini memberikan kontribusi bagi penurunan pasangan matauang GBP/USD lebih jauh. Meskipun demikian kenaikan USD kekurangan katalisator yang jelas. Dengan liburnya pasar AS dan Inggris karena hari Buruh, berita sekitar Brexit menjadi sentimen yang menggerakkan poundsterling.Penurunan lebih lanjut akan berhadapan dengan “support” terdekat di 1.3175 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3100 dan kemudian 1.3050. Sedangkan apabila berbalik naik akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.32  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3255 dan kemudian 1.3300.

 

Source : Vibiznews

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonHubungi saya disini